A.
RENCANA KEGIATAN
PELATIHAN (SIAGA TATA)
NO
|
Kompetensi Dasar
|
Standar
|
|
Indikator /
Sasaran yang Ingin Dicapai
|
|
Karakter yang
|
Sarana/
Prasarana
|
|
|
|
Kompetensi
|
|
|
Dikembangkan
|
|
||||
|
|
|
|
|
|
|
|||
1
|
Melaksanakan aturan
|
Melaksanakan
|
Islam
|
|
|
|
|
||
agama yang
|
aturan-aturan
|
-
|
Dapat membaca Al Quran dan mengetahui tanda
bacanya
|
-
|
Takwa
|
Surat-surat
Pendek,
|
|
||
dianutnya dan
|
di lingkungannya
|
-
|
Dapat menyebutkan Asmaul Husna dan artinya
|
-
|
Toleransi
|
Asmaul Husna,
|
|
||
mengenal agama
|
dengan benar dan
|
- Dapat mengetahui dan
menceritakan salah satu kisah Rasul
|
-
|
Kasih sayang
|
Buku Agama,
|
|
|||
-
|
Dapat
menyebutkan 10 namaMalaikat dan tugasnya..
|
Buku Saku,dll
|
|
||||||
serta budaya lain
|
Melaksanakan
|
-
|
Rajin
|
|
|||||
|
|
|
|
||||||
|
ibadah sesuai
|
|
|
-
|
Patuh
|
|
|
||
|
dengan agama
|
|
|
|
|
|
|
||
|
yang dianutnya,
|
|
|
|
|
|
|
||
|
berperilaku jujur
|
|
|
|
|
|
|
||
|
serta setiap hari
|
|
|
|
|
|
|
||
|
berbuat kebaikan
|
|
|
|
|
|
|
||
2
|
Mengamalkan
|
Mengenal,
|
-
|
Dapat mengajak temannya untuk
mengamalkan Dwisatya
|
-
|
Tekun
|
Buku Saku
|
|
|
Dwisatya dan
|
menyikapi,
|
|
dan Dwidarma
|
-
|
Rajin
|
Alat
Tulis,Kertas,dll
|
|
||
Dwidarma
|
mengekspresikan
|
-
|
Dapat menjelaskan tentang Salam
Pramuka kepada teman
|
-
|
Cinta Tanah Air
|
|
|
||
|
dan mengapresiasi
|
|
Sebarungnya
|
-
|
Kasih sayang
|
|
|
||
|
nilai-nilai
|
-
|
Telah memiliki buku tabungan
dan sudah menabung uang
|
-
|
Rela berkorban
|
|
|
||
|
kepramukaan,
|
|
secara teratur dalam buku
tabungannya selama sekurang-
|
-
|
Jujur
|
|
|
||
|
keindahan dan
|
|
kurangnya 12 minggu sejak
menjadi Siaga Bantu, seluruh
|
|
|
|
|
||
|
harmoni yang
|
|
atau sebagian
dari uang i
|
|
|
|
|
||
|
dicerminkan
|
-
|
Setia membayar uang iuran
kepada gugusdepan dengan
|
|
|
|
|
||
|
dengan perubahan
|
|
uang yang diperoleh dari
usahanya sendiri
|
|
|
|
|
||
|
sikap dan perilaku
|
-
|
Dapat membuat lambang Gerakan
Pramuka dari bahan yang
|
|
|
|
|
||
|
|
|
Ada
|
|
|
|
|
||
|
|
-
Dapat
memperagakan satu macam kegiatan seni budaya asal
|
|
|
|
|
|||
|
|
|
daerahnya.
|
|
|
|
|
||
|
|
-
|
Telah memiliki sedikitnya
5 tanda kecakapan khusus
|
|
|
|
|
||
|
|
-
|
Dapat mengkritisi sesuatu
masalah dengan baik
|
|
|
|
|
||
|
|
-
Dapat
menolong seseorang peduli terhadap lingkungan
|
|
|
|
|
|||
|
|
|
Sekitarnya
|
|
|
|
|
||
Menaati aturan-aturan
|
Taat pada aturan
|
-
|
Dapat menceritakan sejarah Lagu
Kebangsaan Indonesia
|
-
|
Cinta Tanah Air
|
Peta Dunia
|
|
||
sosial yang berlaku di
|
keluarga,
|
|
Raya
|
-
|
Patriotisme
|
Bendera Merah
Putih,dll
|
|
||
lingkungannya dan
|
perindukan dan
|
-
|
Dapat menceritakan sejarah
bendera kebangsaan Indonesia
|
-
|
Patuh
|
|
|
||
melaksanakan tugas-
|
sekolah, serta
|
|
dan tahu sikap yang harus
dilakukan pada waktu bendera
|
-
|
Disiplin
|
|
|
||
tugas yang diberikan
|
|
|
|
||||||
lingkungannya,
|
|
kebangsaan dikibarkan atau
diturunkan serta dapat
|
-
|
Berani
|
|
|
|||
dengan rasa tanggung
|
|
|
|
||||||
menghormati
|
|
memelihara bendera kebangsaan
|
-
|
Bertanggung jawab
|
|
|
|||
jawab serta mengetahui
|
|
|
|
||||||
sesama serta
|
-
|
Dapat menyebutkan sedikitnya 7
hari besar nasional, 4 hari
|
|
|
|
|
|||
wawasan kebangsaan
|
|
|
|
|
|||||
mengetahui
|
|
besar dunia dan 10 nama pahlawan nasional
|
|
|
|
|
|||
|
|
|
|
|
|
||||
|
wawasan
|
-
|
Dapat menyebutkan akibat
melanggar peraturan di keluarga,
|
|
|
|
|
||
|
kebangsaan
|
|
barung, perindukan dan sekolah
|
|
|
|
|
||
|
|
-
|
Dapat menyebutkan akibat
melanggar adat/budaya di
|
|
|
|
|
||
|
|
|
lingkungannya
|
|
|
|
|
||
|
|
-
Dapat
menyebutkan akibat melanggar adat/budaya di
|
|
|
|
|
|||
|
|
|
lingkungannya
|
|
|
|
|
||
|
|
-
Dapat
mengajak temannya berkata dan melakukan
|
|
|
|
|
|||
|
|
|
perbuatan yang benar
|
|
|
|
|
||
|
|
-
Dapat
menyebutkan negara-negara ASEAN dan
|
|
|
|
|
|||
|
|
|
menunjukkan bendera
kebangsaannya
|
|
|
|
|
||
4
|
Dapat menceritakan
|
Mengenal,
|
-
|
Dapat menyebutkan perbuatan
yang baik sesuai dengan sila-
|
-
|
Rela menolong
|
Kompas
|
|
|
pengetahuan dan
|
menyikapi
|
|
sila Pancasila
|
-
|
Disiplin
|
Perlengkapan
P3K
|
|
||
teknologi sederhana
|
dan
|
-
|
Dapat mengumpulkan keterangan
untuk memperoleh
|
-
|
Cinta Tanah Air
|
Buku Saku,dll
|
|
||
serta keterampilan
|
mengapresiasikan
|
|
pertolongan pertama pada
kecelakaan dan dapat
|
-
|
Kasih sayang
|
|
|
||
pengetahuan dan
|
|
|
|
||||||
kepramukaan yang
|
|
menginformasikan kepada dokter,
rumah sakit, polisi dan
|
-
|
Rela berkorban
|
|
|
|||
teknologi,
|
|
|
|
||||||
dimilikinya dalam
|
|
keluarga korban.
|
-
|
Pantang menyerah
|
|
|
|||
membiasakan
|
|
|
|
||||||
barung dan
|
-
|
Dapat menceritakan dasar
terjadinya perbedaan waktu yang
|
|
|
|
|
|||
berfikir dan
|
|
|
|
|
|||||
perindukan.
|
|
ada di Wilayah Indonesia
|
|
|
|
|
|||
berprilaku
|
|
|
|
|
|
||||
|
-
|
|
|
|
|
|
|||
|
yang kritis,dan
|
Dapat menunjuk 8 macam arah
mata angin dengan
|
|
|
|
|
|||
|
kreatif.
|
|
menggunakan kompas
|
|
|
|
|
||
|
|
-
Dapat
menulis surat kepada teman atau saudaranya dengan
|
|
|
|
|
|||
|
|
|
menggunakan Bahasa Indonesia
|
|
|
|
|
||
|
|
-
|
Dapat merawat alat-alat teknologi dan komunikasi
|
|
|
|
|
||
|
|
|
tradisional serta modern yang
ada di rumahnya
|
|
|
|
|
||
5
|
Membiasakan
|
Meningkatkan
|
-
|
Dapat memelihara anggota tubuh
|
-
|
Tekun
|
Tali
|
|
|
hidup sehat
|
potensi
|
-
|
Dapat melakukan olah raga
secara tim
|
-
|
Cinta Tanah Air
|
Tongkat
|
|
||
dengan menjaga
|
fisik (melakukan
|
-
|
Dapat mencuci peralatan dapur
|
-
|
Rajin
|
Perlengkapan
Olahraga
|
|
||
kebersihan,
|
olah
|
-
|
Dapat memelihara kebersihan
halaman di rumah, sekolah,
|
-
|
Kreatif
|
|
|
||
berolah raga
|
raga), dan
|
|
tempat ibadah atau di tempat
lainnya.
|
-
|
Disiplin
|
|
|
||
secara teratur
|
menanamkan
|
-
|
Dapat melakukan salah satu
cabang olah raga atletik atau
|
-
|
Rela berkorban
|
|
|
||
dengan mematuhi
|
sportivitas serta
|
|
salah satu gaya cabang olahraga
renang
|
|
|
||||
aturannya dan
|
kesadaran hidup
|
-
|
Dapat menyebutkan 5 macam
penyakit menular
|
|
|
||||
minum cukup
|
sehat.
|
-
|
Dapat memelihara sedikitnya dua
macam tanaman berguna,
|
|
|
||||
serta makan
|
|
|
atau satu jenis binatang
ternak, selama kira-kira 4 bulan
|
|
|
||||
dengan menu
|
|
-
|
Dapat membuat 2 macam hasta
karya dengan bahan yang
|
|
|
||||
seimbang
|
|
|
berbeda
|
|
|
||||
|
|
-
|
Dapat membuat sedikitnya 2 macam ikatan.
|
|
|
||||
|
|
Tidak ada komentar:
Posting Komentar