A.
|
RENCANA
KEGIATAN PELATIHAN
|
SIAGA BANTU
|
||||||||||||||
No
|
Kompetensi Dasar
|
Standar
Kompetensi
|
Indikator
/ Sasaran yang Ingin Dicapai
|
Karakter
yang Dikembangkan
|
Alat
& Sarana/ Prasarana
|
|||||||||||
1
|
Mengetahui aturan
|
Melaksanakan
|
Islam
|
|||||||||||||
agama yang
|
aturan-aturan
|
-
|
Dapat
melaksanakan Tayamum
|
-
|
Takwa
|
Tempat Ibadah
|
||||||||||
dianutnya dan
|
di lingkungannya
|
-
Dapat
melaksanakan sholat wajib
|
-
|
Toleransi
|
Buku Kumpulan
Doa
|
|||||||||||
mengenal agama
|
dengan benar dan
|
-
Dapat
melaksanakan sholat berjamaah
|
-
|
Kasih sayang
|
Sehari-hari,dll
|
|||||||||||
serta budaya lain
|
Melaksanakan
|
-
Dapat
menyebutkan rasul-rasul Allah
|
-
|
Rajin
|
||||||||||||
ibadah sesuai
|
-
Dapat
melafalkan Adzan, Iqomah untuk putra dan iqomah
|
-
|
Patuh
|
|||||||||||||
dengan agama
|
untuk putri
|
|||||||||||||||
yang dianutnya,
|
-
Dapat
menghafal sedikitnya 6 do'a harian.
|
|||||||||||||||
berperilaku jujur
|
||||||||||||||||
serta setiap hari
|
||||||||||||||||
berbuat kebaikan
|
||||||||||||||||
2
|
Memahami Dwisatya
|
Mengenal,
|
-
Dapat
melaksanakan Dwisatya dan Dwidarma
|
-
|
Tekun
|
Buku Saku,dll
|
||||||||||
dan Dwidarma
|
menyikapi,
|
-
Dapat
melakukan Salam Pramuka
|
-
|
Rajin
|
||||||||||||
mengekspresikan
|
-
Dapat menjelaskan
arti lambang Gerakan Pramuka
|
-
|
Cinta Tanah Air
|
|||||||||||||
dan mengapresiasi
|
-
|
Dapat menyebutkan sedikitnya 5 macam seni budaya yang ada di
|
-
|
Kasih sayang
|
||||||||||||
nilai-nilai
|
Indonesia
|
-
|
Rela berkorban
|
|||||||||||||
kepramukaan,
|
-
Untuk
putri: Dapat memasang buah baju dan menyalakan
|
-
|
Jujur
|
|||||||||||||
keindahan dan
|
membuat hasta
karya dengan dua macam bahan yang
|
|||||||||||||||
harmoni yang
|
berbeda
|
|||||||||||||||
dicerminkan
|
-
|
Dapat menyampaikan pendapatnya tentang lingkugan sekitarnya
|
||||||||||||||
dengan perubahan
|
- Dapat memperhatikan dan melaksanakan
nasihat Orangtua, Yanda dan Bunda serta gurunya
|
|||||||||||||||
sikap dan perilaku
|
||||||||||||||||
3
|
Mengenal anggota
|
Taat pada aturan
|
-
Dapat
memperlihatkan sikap yang harus dilakukan jika lagu
|
-
|
Cinta Tanah Air
|
Standar
Bendera
|
||||||||||
keluarga, teman satu
|
keluarga,
|
kebangsaan diperdengarkan atau
dinyanyikan pada suatu
|
-
|
Patriotisme
|
Bendera Merah
Putih
|
|||||||||||
barung, teman satu
|
perindukan dan
|
upacara
|
-
|
Patuh
|
Etalase,dll
|
|||||||||||
perindukan
|
sekolah, serta
|
-
Dapat
memperlihatkan cara mengibarkan dan menyimpan
|
-
|
Disiplin
|
||||||||||||
lingkungannya,
|
bendera merah putih pada
upacara pembukaan dan
|
-
|
Berani
|
|||||||||||||
menghormati
|
penutupan latihan.
|
-
|
Bertanggung jawab
|
|||||||||||||
sesama serta mengetahui
|
-
Dapat
menyebutkan sedikitnya 6 hari besar nasional dan 5 orang
|
|||||||||||||||
wawasan kebangsaan
|
nama pahlawan nasional
|
|||||||||||||||
-
Dapat
melaksanakan adat/budaya di lingkungan tempat
|
||||||||||||||||
tinggalnya
|
||||||||||||||||
-
Dapat
menjadi contoh yang baik bagi temannya
|
||||||||||||||||
- Dapat menyebutkan nama kota/kabupaten,
ibukota provinsi,
|
||||||||||||||||
dan kepala daerahnya, negara, ibukota
negara, kepala negara dan wakilnya
|
||||||||||||||||
4
|
Dapat melaksanakan
|
Mengenal, menyikapi
|
-
Dapat menyebutkan sila-sila
Pancasila sesuai dengan lambangnya
|
-
|
Rela menolong
|
Teks Pancasila
|
||||||||||
pengetahuan,
|
dan mengapresiasikan
|
-
Dapat mengumpulkan keterangan
untuk memperoleh
|
-
|
Disiplin
|
Kompas
|
|||||||||||
teknologi
|
pengetahuan dan
|
pertolongan pertama pada
kecelakaan dan dapat menginformasikan
|
-
|
Cinta Tanah Air
|
Komputer,dll
|
|||||||||||
sederhana dan
|
teknologi, membiasakan
|
kepada petugas Puskesmas/rumah
sakit/polisi.
|
-
|
Kasih sayang
|
||||||||||||
keterampilan
|
berfikir dan berprilaku
|
-
Dapat meneyebutkan perbedaan
jam digital dan analog serta
|
Rela berkorban
|
|||||||||||||
kepramukaan.
|
yang kritis,dan kreatif.
|
dapat memperkirakan waktu tanpa
bantuan alat
|
-
|
Pantang menyerah
|
||||||||||||
-
Dapat menunjukan 8 arah mata
angin
|
||||||||||||||||
-
Dapat menyampaikan berita
secara lisan dengan menggunakan
|
||||||||||||||||
Bahasa Indonesia
|
||||||||||||||||
-
Dapat menggunakan atau
mengoperasikan alat komunikasi
|
||||||||||||||||
tradisional dan modern.
|
||||||||||||||||
5
|
Memahami : organ
|
Meningkatkan Potensi
|
-
Dapat menyebutkan fungsi anggota tubuh
|
-
|
Tekun
|
Video Senam
Pramuka
|
||||||||||
tubuh, gerakan
|
fisik (melakukan Olah
|
-
Dapat melakukan gerakan dasar
olah raga
|
-
|
Cinta Tanah Air
|
Lcd,dll
|
|||||||||||
dasar olah raga,
|
raga), dan menanamkan
|
-
Dapat mencuci,menjemur, melipat
dan menyimpan
|
-
|
Rajin
|
||||||||||||
kebersihan dan
|
sportivitas serta
|
pakaiannya dengan rapi.
|
-
|
Kreatif
|
||||||||||||
kesehatan,
|
kesadaran hidup sehat.
|
-
Dapat memelihara kebersihan
salah satu ruangan di rumah,
|
-
|
Disiplin
|
||||||||||||
sekolah dan tempat ibadah atau
tempat lainnya
|
-
|
Rela berkorban
|
||||||||||||||
-
Dapat melakukan Senam Pramuka
|
||||||||||||||||
-
Dapat menunjukan bahan-bahan
makanan yang bernilai gizi
|
||||||||||||||||
-
Dapat memelihara sedikitnya
satu macam tanaman berguna,
|
||||||||||||||||
atau satu jenis binatang
ternak, selama kira-kira 2 bulan
|
||||||||||||||||
-
Dapat membuat satu macam hasta
karya dari barang bekas
|
||||||||||||||||
-
Dapat menggunakan simpul mati,
simpul hidup, simpul
|
||||||||||||||||
anyam, simpul pangkal dan
simpul jangkar.
|
||||||||||||||||
|
|
Tidak ada komentar:
Posting Komentar