|
A.
|
RENCANA
KEGIATAN PELATIHAN
|
SIAGA MULA
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
No
|
Kompetensi Dasar
|
Standar
|
|
Indikator /
Sasaran yang Ingin Dicapai
|
|
Karakter yang
|
Alat&Sarana dan
|
|
|
|
Kompetensi
|
|
|
Dikembangkan
|
Prasarana
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
1
|
Mengenal
aturan
|
Melaksanakan
|
Islam
|
|
|
Surat-surat pendek
|
|
|
agama yang
|
aturanaturan
|
-
Dapat
menyebutkan Rukun Iman dan Rukun Islam
|
-
|
Takwa
|
Buku SAKU, dll
|
|
|
dianutnya dan
|
Di
lingkungannya
|
-
|
Dapat
mengucapkan Syahadat dan menyebutkan
artinya
|
-
|
Toleransi
|
|
|
|
mengenal agama
|
dengan benar
dan
|
-
Dapat
menghafal Surat Al-Fatihah dan menyebutkan
|
-
|
Kasih sayang
|
|
|
|
|
serta budaya
lain
|
Melaksanakan
|
|
Artinya
|
-
|
Rajin
|
|
|
|
|
|
ibadah sesuai
|
-
Dapat
menghafal 3 surat pendek dan menyebutkan artinya
|
-
|
Patuh
|
|
|
|
|
|
dengan agama
|
-
Dapat
mengetahui tatacara berwudhu beserta doanya
|
|
|
|
|
|
|
|
yang
dianutnya,
|
-
Dapat
melaksanakan gerakan sholat dan bacaannya
|
|
|
|
|
|
|
|
berperilaku
jujur
|
-
Dapat
menghafal sedikitnya 3 do'a harian.
|
|
|
|
|
|
|
|
serta setiap
hari
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
berbuat kebaikan
|
|
|
|
|
|
|
2
|
Mengenal
|
Mengenal,
|
-
Dapat
menghafal Dwisatya dan Dwidarma
|
-
|
Tekun
|
Buku SAKU
|
|
|
Dwisatya dan
|
menyikapi,
|
-
Dapat
menyebutkan jenis-jenis Salam Pramuka
|
-
|
Rajin
|
dll.
|
|
|
Dwidarma
|
mengekspresikan
|
-
Dapat
menyebutkan lambang Gerakan Pramuka dan Penciptanya
|
-
|
Cinta Tanah
Air
|
|
|
|
|
|
dan
|
-
|
Dapat menyebutkan salah satu
seni budaya di daerah tempat
|
-
|
Kasih sayang
|
|
|
|
|
|
mengapresiasi
|
|
Tinggalnya
|
-
|
Rela berkorban
|
|
|
|
|
|
nilai-nilai
|
-
Selalu
bersikap hemat dan cermat dengan segala miliknya
|
-
|
Jujur
|
|
|
|
|
|
|
kepramukaan,
|
-
Dapat
menyebutkan identitas diri dan Keluarganya
|
|
|
|
|
|
|
|
|
keindahan dan
|
-
Dapat
membedakan perbuatan baik dan perbuatan buruk
|
|
|
|
|
|
|
|
|
harmoni
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
yang dicerminkan
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
dengan perubahan
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
sikap
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
dan perilaku
|
|
|
|
|
|
|
3
|
Mengenal
anggota
|
Taat pada
aturan
|
-
Dapat
dengan hafal menyanyikan Lagu Kebangsaan
|
-
|
Cinta Tanah
Air
|
Buku Kumpulan
Adat
|
|
|
keluarga,
teman satu
|
keluarga,
|
|
Indonesia Raya
bait pertama di depan perindukannya.
|
-
|
Patriotisme
|
Nusantara
|
|
|
barung, teman
satu
|
perindukan dan
|
-
Dapat
menyebutkan arti kiasan warna Sang Merah Putih
|
-
|
Patuh
|
Buku SAKU,dll.
|
|
|
|
perindukan
|
sekolah, serta
|
-
Dapat
menyebutkan sedikitnya 3 hari besar nasional dan 3
|
-
|
Disiplin
|
|
|
|
|
|
|
lingkungannya,
|
|
hari besar
keagamaan
|
-
|
Berani
|
|
|
|
|
|
menghormati
|
-
Dapat
menyebutkan 5 peraturan keluarga
|
-
|
Bertanggung
jawab
|
|
|
|
|
|
|
sesama serta
|
-
Dapat
menyebutkan 3 peraturan di lingkungannya
|
|
|
|
|
|
|
|
|
mengetahui
|
-
Dapat
menyebutkan 2 macam adat/budaya di
|
|
|
|
|
|
|
|
|
wawasan
|
|
Lingkungannya
|
|
|
|
|
|
|
|
kebangsaan
|
-
Dapat
menyampaikan ucapan dengan baik dan sopan serta
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
hormat kepada
orangtua, sesama teman dan orang lain
|
|
|
|
|
|
4
|
Dapat mengenal
|
Mengenal,
|
-
|
Dapat
menyebutkan nama dan alamat Ketua RT, Ketua
|
-
|
Rela menolong
|
Kompas
|
|
|
|
pengetahuan,
|
menyikapi Dan
|
|
RW, Lurah,
Camat dan tokoh masyarakat di sekitar tempat
|
-
|
Disiplin
|
Alat P3K,Buku
|
|
|
|
teknologi
|
mengapresiasikan
|
|
tinggalnya
|
-
|
Cinta Tanah Air
|
SAKU,dll.
|
|
|
|
sederhana dan
|
pengetahuan dan
|
|
|
|
|
-
|
Dapat
menyebutkan sila-sila Pancasila
|
-
|
Kasih sayang
|
|
|
|
|
keterampilan
|
teknologi,
|
|
|
|
|
-
|
Dapat
mengumpulkan keterangan untuk memperoleh
|
-
|
Rela berkorban
|
|
|
|
|
kepramukaan.
|
membiasakan
|
|
|
|
|
|
pertolongan
pertama pada kecelakaan dan dapat
|
-
|
Pantang
menyerah
|
|
|
|
|
|
berfikir dan
|
|
|
|
|
|
|
|
menginformasikan
kepada orang dewasa disekitarnya.
|
|
|
|
|
|
|
|
berprilaku yang
|
|
|
|
|
|
|
|
|
-
|
Dapat membaca jam digital dan
analog
|
|
|
|
|
|
|
|
kritis,dan kreatif.
|
|
|
|
|
|
|
|
|
-
Dapat
menunjukan 4 arah mata angin
|
|
|
|
|
|
|
|
|
-
Dapat
berbahasa Indonesia dalam mengikuti pertemuan-
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
pertemuan
Siaga
|
|
|
|
|
|
|
|
|
-
Dapat
menyebutkan sedikitnya 2 macam alat komunikasi
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
tradisional
dan modern
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
5
|
Mengenal :
organ
|
Meningkatkan
|
-
|
Dapat
menyebutkan anggota tubuh
|
-
|
Tekun
|
Alat
Kebersihan
|
|
|
|
tubuh, gerakan
|
potensi
|
-
|
Dapat
menyebutkan gerakan dasar olah raga
|
-
|
Cinta Tanah
Air
|
Beberapa
Tanaman
|
|
|
|
dasar olah
raga,
|
fisik
(melakukan
|
-
|
Dapat melipat
selimut dan merapikan tempat tidurnya
|
-
|
Rajin
|
|
|
|
|
kebersihan dan
|
olah
|
-
|
Selalu
berpakaian rapih dan memelihara kebersihan pribadi
|
-
|
Kreatif
|
|
|
|
|
kesehatan,
|
raga), dan
|
-
|
Dapat
menjalankan latihan-latihan keseimbangan, dapat
|
-
|
Disiplin
|
|
|
|
|
|
menanamkan
|
|
melempar dan
menerima bola dengan tangan kanan dan kiri
|
-
|
Rela berkorban
|
|
|
|
|
|
sportivitas
serta
|
|
sedikitnya 5
kali tangkapan.
|
|
|
|
|
|
|
|
kesadaran
hidup
|
-
|
Dapat menyebutkan makanan dan
minuman yang bergizi (4
|
|
|
|
|
|
|
|
sehat.
|
|
sehat 5
sempurna).
|
|
|
|
|
|
|
|
|
-
Dapat
memelihara sedikitnya satu macam tanaman berguna,
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
atau satu
jenis binatang ternak, selama kira-kira 1 bulan
|
|
|
|
|
|
|
|
|
-
Dapat
melipat kertas yang dibentuk menyerupai pesawat,
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
kapal, flora
dan fauna
|
|
|
|
|
|
|
|
|
-
Dapat
membuat simpul mati,simpul hidup, simpul
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
anyam,simpul
pangkal dan simpul jangkar.
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
Tidak ada komentar:
Posting Komentar